Sabtu, 07 April 2012

Penghormatan Terakhir yang Terlambat.... T___T

setelah berbulan-bulan ngga pernah ngeblog, akhirnya hari ini gw lg niat-niatnya nulis. tadi pagi gw ikut perpisahan skolah sama temen-temen sekelas gw, dan sama kakak-kakak kelas yang setahun lbih tua drpada gw. 

di perpisahan tadi gw pakai wedges 12 cm, dan kaki gw rasanya kayak ditusuk2 pakai paku tumpul setelah 5 jam jalan pakai itu, melepuh di 3 titik, dan ngerepotin karna harus lari2 beli hansaplas. wkwkwk, inilah akibat dari "menjadi genit"

selama berbulan-bulan nggak nge blog, udah banyak perubahan yang terjadi di diri gw, misalnya gw udah bisa nyetir mobil (walaupun dlm 8 bulan, harus ganti cat seluruh body dan ganti pintu belakang karna ancur ditabrak), gw udah rajin bljr (ini cuma gara2 mau UN lho! gw takut ga lulus), rambut gw udah panjang, dan lain lain.

banyak juga hal yang masih tetep 'sama', beberapa temen2 gw kadang masih manggil gw chicken, masih nanyain "kapan nulis lagi?"  dan gw masih belum pinter tambah kurang kali bagi. seriously, gw gatau, kadang gw hapal rumus, tapi pas ngitung angka salah naruh koma, salah tulis, dll. kadang gw pikir di otak 2+3 = 5, tapi tangan gw dengan brengseknya nulis 9. kurang ajar. 

 well, but thats not the point. sebenernya gw bertekad nulis lagi setelah gw kuliah, tapi hari ini gw langgar janji itu. knp?

flashback~

hari ini gw tamat sma. selama gw sekolah, gw punya seorang guru yang sangat berkesan di dlm hidup gw.

gw masih inget masa-masa gw kls 5 sd, masa2 kluarga gw lagi jatuh karna papa gw sakit. gw masuk sekolah swasta hindu namanya SD Saraswati Tabanan. gw anak baru,dan sekolahnya jauh dari rumah gw, dan smua adik2 gw skolah disana kecuali adi. gw dianter sama adik2 gw naik motor berempat. bayangin. tapi walaupun idup gw susah, gw teteplah ceria (ciee...) dan yah, sedikit lebih polos drpd sekarang.

gw inget gw masuk sd itu, kenalan sama temen-temen gw. gw masih agak-agak pemalu, tapi untungnya gw cepet dapet temen. dan wali kelas gw saat itu namanya Pak erta (tapi orang bali bilangnya pak erte)

pak erte orangnya ganteng, kebapakan. kumisnya tebel, dan rambutnya mirip kakek gw. ga ada uban, dan senyumnya ramah banget. suaranya lembut banget, dan perkenalan kita sekelas waktu itu begitu berkesan. baju pak erta rapi, dan dalam beberapa hari pak erta akrab sama kami sekelas. gw waktu itu masuk kls VD, kelas yang isinya (katanya sih..) anak2 bandel. intinya, bukan kelas unggulan.

peer yang pertama pak erta kasih ke kita, entah bahasa indonesia atau matematika. gw gemeteran di meja gw karena gw lupa buat peer. dulu gw sd kan super rajin, wkwk. 

sebelum-sebelumnya, di pikiran gw, kalau ga buat peer itu di hukum, blablablablaaa~

dan pak erta keliling kelas, masih jelas dalam ingatan gw, dia bilang

"peer itu bapak kasih, kalau lupa ngerjain, nggak apa apa. kalau lupa, kerjain di sekolah. kalau nggak bisa, tanya sama bapak"

dan gw merasa damai, saat itu gw udah bisa menilai, bahwa pak erta ini bukan guru sembarangan. dia guru yang pengertian, dan gw ga pernah merasa males dateng ke sekolah. apalagi temen-temen gw gila-gila semua, dan pak erta adalah guru yang dadanya seluas benua afrika, sabar dan nggak pernah sekalipun marah-marah.

 gw inget sekali waktu, kelas gw ribut banget, dan pak erta, saking baiknya, ga tega untuk teriak di dalem kelas, jadi bapak itu cuma duduk berkaca-kaca di meja guru dan akhirnya kami sadar sendiri. sampai sekarang gw heran, apa sih susahnya marahin anak kls 5 sd? kalau gw yang jadi dia, mungkin gw udah pukulin pantat anak2 itu dengan penggaris kayu satu- satu. tapi pak erta, aneh sekali, malah lebih milih cara "diem" untuk "mendiemkan". cara yang berkesan banget.

gw juga inget gw pernah ngerayain ulang taun temen sekelas gw, gw lupa siapa namanya, intinya temen gw wayan nadiantara, punya ide bikin acara "lempar-lempar tepung kanji yang udah dicampur air"
gw paling semangat, dan gw beli 1 kg tepung dan dalam jangka waktu satu jam, kelas gw berubah jadi arena "kanji ball", wkwkwk (maksudnya snowball, tapi dari tepung kanji"

sekali lagi, pak erta ga marah, tapi akhirnya mama gw yang marahin gw di skolah karna termasuk salah satu biang kerok, dan pak erta sama sekali nggak kompor ataupun membela gw. dan abis itu entah gimana caranya kelas dibersihin, gw lupa. dan pak erta enggak marah. mungkin hatinya sebesar amerika, tapi kayaknya lebih dari itu. dan saat itu gw nyesel. dan bertekad jadi anak baik-baik. tapi... gw nggak bisa, wkwkwk

banyak banget kesan baik dari pak erta yang masih nempel dalem otak gw sampai hari ini, sampai gw tamat sekolah. dulu astrid, adik gw yang paling jelek, suka nungguin gw di depan pintu kelas, dan dia ga pernah ngusir. pernah juga mama gw kewalahan karna pakai motor, ga bisa jemput, gw nunggu lama... banget karna ga ada orang jemput. hari udah sore, dan pak erta, bersedia nganterin gw sampai di depan rumah, make sure that gw di depan pintu rumah (bukan pintu pager!) dan gw dada-dada sama pak erta, dan dia pulang ke arah sebaliknya. as i said, rumah gw jauh dan berlawanan arah sama pak erta, tapi dia mau anter sampai rumah :')

sedih ya, gw masih inget semuanya.

dan gw juga inget, suatu  hari, gw lupa siapa yang sakit, pokoknya hari itu gw dan beberapa orang temen gw nengok "salah satu anggota kelas yang sakit tapi gw lupa namanya" ke rumah sakit bareng pak erta. di rumah sakit, selesai nengok, waktu kita mau beranjak pulang, tiba2 bapak itu bilang...

"tunggu sebentar ya, bapak mau cek telinga ke dokter THT"

gw masih inget kejadiannya kayak apa, bapak itu pakai baju pns warna coklat muda, dan masuk, dengan tampang orang yang sehat banget. tanpa firasat apa-apa, gw sama temen-temen gw nunggu pak erta di koridor rumah sakit. agak lama, dan abis itu kita pulang

dan beberapa waktu kemudian, waktu mama gw jemput gw naik motor, rame-rame sama gw, gw inget percakapan mama gw sama pak erta, katanya, gw murid yang pinter, katanya sekarang ada sistem sekolah motong tahun, sekolah smp atau sma 3 tahun tapi kalau pinter bisa 2 tahun. tapi ga dibilang namanya 'kelas akselerasi" dan pak erta nyuruh mama gw untuk nyuruh gw ikut itu. dan sma ini, kesampaian.
beberapa waktu kemudian, pak erta sering ga masuk, dan akhirnya ga ngajar sama sekali. gw kira karna kita udah mau naik kelas. waktu rapotan pun, rapot gw ga sepenuhnya terisi. cuma terisi nilai dengan angka aja dan peringkat, tanpa ada tulisan tangan samasekali. padahal biasanya ditulis sama wali kelas pake pulpen.

dan gw lost kontak sama pak erta.

akhirnya beberapa bulan kemudian, gw denger pak erta sakit kanker telinga. gw sedih banget dan maksa papa gw untuk jenguk pak erta. bukan hal sulit, soalnya toh papa mama gw suka sama pak erta. dan bermodalkan alamat kurang jelas, gw cari rumah pak erta. 

gw bawain apel untuk pak erta, dan saat gw ketemu dia, gw ga kenal samasekali. pak erta kurus banget, botak, dan kulitnya item. gw mau tanya kenapa, tapi gw ga enak. katanya itu efek pengobatannya. gw mau nangis, tapi gw tahan. pak erta selalu megang2 ember kecil. dan tiap sebentar ngeludah ke situ. kata bapak tu (untungnya pas gw jenguk, masih bisa ngomong walaupun suaranya serak), ember itu gunanya untuk membuang dahak dia. dia udah ga punya kelenjar air liur lagi, dah kankernya pun belum sembuh. gw cuma bisa manggut-manggut dan nggak ngerti kenapa hal buruk selalu terjadi sama orang baik. kita pulang, dan karna dulu gw ga punya hape, sekali lagi gw lost kontak sampai sekarang.

dan pak erta cerita, sia udah ngga kuat kemarin-kemarin nulis rapor, sampai-sampai cuma ditulis dlm angka aja.

sampai sekarang, rapor kls 5 semester 2 gw masih kosong.

dan balik ke beberapa bulan lalu, saat mama gw dan gw berunding (cielah) untuk nentuin gw kuliah dimana. gw bakal daftar di bali. dan saat itu mama gw bilang "nanti kita jenguk pak erta ya" bla bla bla, dan selama bertahun-tahun ini, pernah sekali gw mimpiin pak erta lagi ngajar. 

dan barusan, gw denger kabar dari temen sd gw sandro azhari, katanya pak erta udah nggak ada 

gw ngga tau, tapi rasanya gw kehilangan seorang figur "guru sesungguhnya".

pak erta, di mata gw, adalah guru yang penuh kebaikan dan kasih sayang. pak erta mengajar dengan kesabaran. dan selama 14 tahun gw sekolah, ga pernah ada guru yang bener-bener membuat gw terkesan seperti dia. sekarang dia udah entah di mana, tapi gw harap dia dapet tempat terbaik. bertahun-tahun gw berniat nyari alamatnya lagi, dan sekarang kenyataannya bapak itu udah meninggal. 

walaupun cuma anak kls 5 sd, tapi kami sekelas adalah murid paling beruntung. bapak itu udah meninggalkan kenangan kasih sayang di hati kami, khususnya gw, dan akan gw jadiin semangat untuk belajar lebih rajin lagi.

dari kecil gw pengen jadi dokter, dan hari ini gw tau gw mau jadi dokter apa. sebelumnya udh terpikir gw pengen jadi dokter telinga karna nenek gw tumor telinga dan telinga gw cuma bisa dibersihin di dokter tht, dan hari ini niat gw udah mantep untuk punya cita-cita jadi dokter tht. gw pengen ngebanggain orang tua dan ini juga penghormatan untuk diri gw sendiri dan pak erta.

semoga guru-guru lain bisa dapet inspirasi dari pak erta.

dan dia adalah guru terbaik yang pernah ngajar gw walaupun gw masih kls 5 sd.

selamat jalan pak, semoga bapak mendapat tempat terbaik di sisinya... Terima kasih banyak pak Erta...

6 komentar:

  1. Turut berduka cita buat Pak Erta Ra, pasti dia udah di atas, dan lagi senyum liat kamu yg udah sukses ini :p

    btw, semoga sukses buat UN sm SNMPTN-nya ya..! Semangat ;)

    BalasHapus
  2. rara :'( deep condolence for him... Eh ya, gluck buat un snmptn nya ya. semoga cita2 km tercapai aamiin

    BalasHapus
  3. ra, ceritanya sukses bikin wery nangis sambil ketawa. gak tau juga ketawanya kenapa hahahaha

    BalasHapus
  4. Deep condolence ya :')
    duh, jadi inget jaman2 SMA. Guru2 selalu ngamuk d dalem kelas tpi diluar sekolah bisa shopping bareng.

    skrg sy jd tau klo ayam jga bisa bkin sedih. Biasanya klo ke KFC bawaannya seneng trs
    TT-TT

    BalasHapus
  5. *baru baca blog rara lagi*

    sediiih :( turut berduka cita juga ra.
    waaa kok sedih ya ._.

    BalasHapus
  6. baru tau Pak Erta dah sing nu,, T_T

    BalasHapus